Hari Ginjal Sedunia Berfokus pada Resiko Wanita untuk Penyakit Ginjal

Ginjal Sedunia ( World Kidney Day = WKD) diperingati setiap tahunnya sebagai acara global pada setiap hari Kamis minggu kedua di bulan Maret. Tahun ini, Hari Ginjal Sedunia jatuh pada tanggal 8 Maret 2018 dengan mengusung tema Ginjal dan Kesehatan Wanita : Rangkul, Hargai, Berdayakan. Hari Ginjal Sedunia dan Hari Perempuan Internasional pada tahun 2018 ini diperingati pada hari yang sama, memberi kita kesempatan untuk mengkampanyekan pentingnya kesehatan perempuan dan khususnya kesehatan ginjal mereka.
Tujuan utama WKD adalah untuk membuat orang sadar betapa pentingnya ginjal mereka terhadap kesehatan secara keseluruhan dan bagaimana mereka dapat mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit ginjal. Jutaan orang di seluruh dunia menderita Penyakit Ginjal Kronik (Chronic Kidney Disease = CKD), yang dapat menyerang siapa saja, tidak peduli usia, jenis kelamin, ras, atau latar belakang etnis mereka. Tema global tahunan, membantu komunitas ginjal lebih berfokus pada isu spesifik. Pada tahun 2016, WKD diperingati dengan tema penyakit ginjal dan anak-anak, pada tahun 2017, tema WKD adalah obesitas dan pengaruhnya terhadap kesehatan ginjal, dan pada tahun 2018 ini temanya adalah Ginjal & Kesehatan Wanita: Rangkul, Hargai, Berdayakan. “Kenapa kok wanita?” Ini karena wanita memiliki risiko tertentu untuk Penyakit Ginjal Kronik yang tidak dimiliki oleh laki-laki. Tema WKD tahun ini memperhatikan risiko ini dan memberi tahu perempuan tentang bagaimana menurunkan risikonya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko Penyakit Ginjal Kronik lebih besar pada wanita dibandingkan pria - 14% pada wanita dibandingkan dengan 12% pada pria. Di seluruh dunia jumlah wanita yang menderita Penyakit Ginjal Kronik mencapai 195 juta, dan merupakan penyebab kematian terbesar nomor 8 dengan jumlah kematian setiap tahunnya mencapai 600.000 kasus.

ISK dan Infeksi Ginjal Lebih Sering Terjadi pada Wanita

Infeksi saluran kencing (ISK) menyebabkan hampir 10 juta kunjungan kesehatan setiap tahun dan, jika tidak diobati lebih awal, kuman dapat berjalan sampai ke ginjal dan menyebabkan infeksi yang lebih buruk, yang disebut pielonefritis. ISK dan infeksi ginjal lebih sering terjadi pada wanita dan risiko ini meningkat pada kehamilan.

Jenis Kelamin Wanita Menambahkan Risiko untuk CKD

Kesehatan wanita itu unik. Wanita dengan Penyakit Ginjal Kronik memiliki komplikasi yang berbeda dibandingkan pria. Wanita subur dengan Penyakit Ginjal Kronik umumnya sulit menggunakan "pil kontrasepsi" dan metode hormonal lainnya sebagai metode pengendalian kelahiran karena kemungkinan lebih besar terjadi peningkatan tekanan darah yang dapat membuat penyakit ginjalnya semakin memburuk. Wanita dengan Penyakit Ginjal Kronik akan memiliki banyak masalah ketika hamil, dan meningkatkan risiko baik pada ibu maupun pada bayinya, kehadiran Penyakit Ginjal Kronik memiliki efek negatif pada kehamilan, dan mengingat peningkatan risiko yang terjadi pada postpartum, hal itu menimbulkan masalah etika yang menantang seputar konsepsi dan pemeliharaan kehamilan.
Bahkan wanita tanpa Penyakit Ginjal Kronik memiliki risiko selama kehamilan dan kelahiran karena preeklampsia dan masalah lainnya yang meningkatkan tekanan darah dan membuat tekanan pada ginjal. Preeklampsia (PE) adalah faktor risiko terjadinya Penyakit Ginjal Akut, Penyakit Ginjal Kronik dan Penyakit Ginjal Stadium Akhir pada ibu, dan merupakan penyebab utama kematian ibu di negara berkembang. Selanjutnya, PE juga dikaitkan dengan 'bayi kecil', yang nantinya berisiko terkena diabetes, sindrom metabolik, penyakit kardiovaskular dan Penyakit Ginjal Kronik pada saat dewasa. Oleh karena itu Pemeriksaan Kehamilan atau Ante Natal Care (ANC) sangat penting bagi semua wanita hamil.
Ada berbagai kondisi autoimun dan lainnya yang cenderung mempengaruhi wanita dengan konsekuensi mendalam untuk kondisi hamil dan melahirkan. Penyakit autoimun seperti Lupus Eritematosus Sistemik (SLE), Rheumatoid Arthritis (RA) dan Scleroderma Sistemik (SS) secara istimewa lebih banyak pada wanita dan ditandai dengan peradangan sistemik yang menyebabkan disfungsi organ target, termasuk ginjal. Beban kesehatan masyarakat dari penyakit autoimun adalah substansial sebagai penyebab utama morbiditas dan mortalitas di kalangan wanita dewasa.
Wanita lebih cenderung menyumbangkan ginjal (sebagai pendonor) untuk transplantasi daripada sebagai penerima, seperti yang dilaporkan dari berbagai negara. Wanita cenderung terdaftar pada daftar tunggu transplantasi dan menunggu lebih lama. Ibu lebih cenderung menjadi pendonor, seperti juga isteri lebih mungkin menjadi pendonor daripada penerima donor untuk transplantasi ginjal.
Hari Ginjal Sedunia mengkampanyekan akses yang terjangkau dan adil terhadap pendidikan kesehatan, perawatan kesehatan dan pencegahan penyakit ginjal bagi semua wanita dan anak perempuan di seluruh dunia. Selamat Hari Ginjal Sedunia 2018.

Panitia Peringatan World Kidney Day (WKD) 2018 Kalimantan Selatan (Kidney Borneo Center)

Ketua
Dr. M. Rudiansyah, M.Kes., SpPD-KGH., FINASIM.

 Comment with Facebook

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan kami. Kami berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.